Jumat, 23 Maret 2012

APA ITU KEINDAHAN?

Indah, suatu kata yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Kita sering mendengar ataupun mengucapkan kata tersebut jika melihat suatu hal yang menurut kita bagus, mempesona, ataupun menarik hati. Indah, merupakan sebuah anugrah dari Allah yang diberikan kepada manusia agar manusia dapat merasakan suatu hal yang berbeda, sehingga manusia dapat menggunakan akal dan pikirannya untuk menciptakan sebuah keindahan lain yang mungkin dapat berguna bagi dirinya maupun orang lain.
Keindahan adalah sesuatu yang relatif, dimana setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda terhadap apa yang mereka sebut dengan indah. Setiap orang memiliki pendapat yang berbeda pada suatu benda, ada yang mungkin berpikir benda tersebut indah dan baik, biasa saja, dan ada pula yang menganggap tidak indah karena mereka tidak tertarik pada hal tersebut. Keindahan juga tidak bersifat lama atau terkadang tidak bertahan lama. Ada suatu hal yang jika dilihat pertama atau sekali saja dapat menimbulkan perasaan kagum dan membuat orang berpikir bahwa itu indah, namun ada juga yang apabila dilihat berkali-kali menimbulkan rasa bosan terhadap hal tersebut. Jadi suatu keindahan diukur dari pemikiran masing-masing orang yang berbeda satu sama lain.



Allah menciptakan sebuah keindahan dan sebuah rasa indah untuk manusia agar mereka bersyukur dan berpikir. Allah menciptakan alam beserta isinya dengan banyak keindahan yang tak ternilai harganya dan tidak akan dapat tertandingi. Tugas manusia adalah menjaga, melestarikan, serta mambuat keindahan tersebut menjadi berguna serta bermanfaat bagi khalayak dengan segala hikmah dan fadhilah yang diberikan Allah. Alam seperti gunung, hutan, laut, dan lain-lain adalah bukti keindahan yang ada dan harus kita olah sebaik-baiknya.
Manusia akan selalu memerlukan suatu hal yang indah dan akan selalu membutuhkan sebuah keindahan dalam hidupnya. Karena keindahan akan memberikan warna serta suatu rangsangan yang kuat agar manusia dapat menjalani hiduo dengan rasa bahagia, tidak merasa bosan, dan mengerti apa arti keindahan yang sesungguhnya sehingga mereka dapat bersyukur dan berpikir akan aap yang telah diciptakan Allah untuknya. Keindahan diwujudkan dalam suatu wujud yang memiliki bentuk dan daapt terlihat, maupun tidak dapat terlihat.
Dalam dunia ini terdapat beberapa keindahan yang diwujudkan dalam sebuah gambar, lagu, pemandangan, dan perbuatan. Contoh pertama adalah dalam sebuah gambar atau secara visual. Sebuah gambar dapat mengantarkan rasa kagum, rasa senang, dan rasa suka kepada manusia karena sebuah gambar memiliki unsur tersendiri yang apabila diaplikasikan secara baik dan khususnya oleh orang yang mengerti atau ahli terhadap sebuah gambar akan memunculkan kesan tersendiri bagi kita yang melihat. Keindahan dari sebuah gambar dapat dilihat dari bagaimana gambar tersebut dapat mempengaruhi, menarik, dan membuat orang yang melihatnya merasakan bahwa gambar tersebut bukanlah gambar sembarangan. Terkadang setiap orang juga punya selera yang berbeda-eda terhadap sebuah keindahan yang datang dari sebuah gambar, namun manusia memiliki naluri yang kuat untuk menangkao sebuah keindahan yang tampak secara langsung (secara visual).
Kemudian yaitu melalui lagu. Lagu dibentuk oleh berbagai alunan nada yang harmonis dan diatur sedemikian rupa sehingga dapat menimbulkan rasa tenang dan nyaman terhadap pendengarnya. Lagu yang baik adalah lagu yang daapt menentramkan hati ataupun membuat pendengarnya merasa bahwa ia sedang mendengarkan suatu nada yang membuat telinga mereka nyaman dan mudah dipahami. Biasanya orang akan merasa senang terhadap lagu yang indah, lagu yang mudah dihafal, dan lagu yang enak didengar serta mudah dibawakan.
Sebuah pemandangan adalah sebuah keindahan yang secara alami diciptakan Allah yang biasanya tergambar dari keindahan alam sekitar. Namun selain itu, pemandangan juga dapat dilihat dari lingkungan sekitar sehari-hari. Pemandangan yang indah adalah oemandangan yang daapt menyejukkan mata, dapat membuat sebuah ketenangan batin, dan dapat membuat orang-orang merasakan bahwa Allah adalah pemilik yang paling agung, pencipta yang paling handal, dan tidak akan ada yang dapat menandingi keindahan yang diciptakan-Nya.
Perbuatan juga dapat dikatakan sebuah keindahan apabila perbuatan tersebut dilakukan dengan hati yang ikhlas dan bersih. Perbuatan yang ikhlas dan datang dari hati nurani akan menimbulkan sebuah dampak yang baik pula, dimana bila perbubatan tersebut ditujukan untuk hal positif, maka akan membuahkan hal yang positif juga. Contohnya adalah bila seseorang mahasiswa berniat dari rumah dengan ikhlas datang ke kampus untuk kuliah, menuntut ilmu, dan tujuannya untuk mendapatkan sebuah pengalaman yang dapat merubah dirinya menjadi lebih baik. Maka dari tujuan serta niat mahasiswa tersebut, bila ia melakukannya dengan benar dan sungguh-sungguh, maka ia akan mendapatkan apa yang semula ia inginkan. Dengan begitu dari niat, perbuatan, dari perwujudannya, haru ada kesinambungan dan kesungguhan dalam menjalankannya, bila setengah-setengah maka hanya akan membuat apa yang diperoleh tidak maksimal sesuai harapan.
Jadi sebuah keindahan dapat diwujudkan dlam berbagai hal yang tampak maupun tidak tampak. Keindahan tersebut terkadang berbeda-beda tergantung pada bagiaman seseorang memiliki rasa keindahan yang besar atau kecil. Suatu rasa keindahan yang besar akan memunculkan perasaan yang tenang dan bahagia jika orang tersebut melihat sesuatu yang menurutnya indah, namun rasa keindahan yang kecil malah akan membuat seseorang merasa bosan dan bahkan tidak tertarik pad suatu hal yang menurutnya tidak indah sama sekali. Keindahan adalah anugrah Allah bagi manusia yang mau bersyukur dan berpikir, Allah menciptakan sebuah keindahan untuk dimanfaatkan, bukannya untuk disalahgunakan, jadi seseorang dapat dilihat, apakah orang tersebut pandai bersyukur atau tidak terhadap apa yang telah diciptakan-Nya melalui bagaimana orang tersebut mensyukuri, memanfaatkan, dan menjaga keindahan tersebut dengan sebaik-baiknya.
Jadi, keindahan bukanlah semata-mata hal yang dapat disepelekan. Keindahan harus disyukuri. Tanpa adanya keindahan di dunia ini, tidak akan ada yang memberikan rasa nyaman, aman, tenang, dan tentram terhadap sesama makhluk hidup. Makhluk hidup adalah makhluk yang paling peka terhadap suatu keindahan. Terutama manusia, diciptakan dengan akal dan pikiran yang membuat mereka daaapt berpikir terhadap sesuatu. Manusia diciptakan sebagai khalifah di bumi untuk mengolah segala keindahan, kekayaan, dan apapun yang ada di dalam bumi untuk dijadikan hal yang bermanfaat. Dengan begitu sebagai manusia kita harus dapat mengerti apa itu keindahan sehingga dapat bersyukur dengan segala ciptaan-Nya, dan kita dapat mmebuat keindahan tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar